RSS feed

Jumat, 03 Mei 2013

CAKRA PART 2

Cakra Manusia
Cakra adalah titik pusat bioenergi yang ada di dalam tubuh bioplasmik manusia.
Tubuh bioplasmik (tubuh energy) adalah cetakan tubuh fisik manusia, yang benar-benar menyerupai tubuh fisik.. Disebut bio karena hidup, dan plasmik berasal dari istilah plasma.. Plasma disini tidak sama dengan plasma darah. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan keempat dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair, dan gas. Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul ke permukaan tubuh fisik manusia, dan kemudian disebut dengan aura.
Jika darah mengalir lewat pembuluh, bioenergi mengalir lewat suatu “jalur” yang dinamai meridian. Meridian ini berpangkal pada titik-titik tertentu pada tubuh, membentuk pusat-pusat bioenergi. Pusat bioenergi inilah yang disebut cakra.
Energi alam semesta juga masuk melalui pori-pori tubuh, tapi yang terbanyak melalui chakra. Oleh karena itu fungsi chakra mayor ini antara lain menyerap energi, memprosesnya, kemudian membagi-bagikannya kepada organ vital manusia. Begitu pentingnya chakra dalam belajar reiki, kita dituntut selalu membersihkan chakra setiap saat dengan melatih self healing, berpikiran positif dan menjalankan meditasi.
Dalam tubuh kita terdapat sekitar 320 titik chakra yang masing-masing dihubungkan oleh 72.000 meridian. Berbagai penyakit dapat dideteksi sekaligus diterapi penyembuhannya melalui chakra. Namun ada juga yang menyebut keberadaan chakra dalam tubuh berjumlah 365. Chakra mengatur masuk dan keluarnya energi kepada organ-organ tubuh di sekitar chakra agar tetap berfungsi dengan baik dan sehat.
Dari ratusan chakra tadi Terdapat  tujuh chakra utama /Mayor dalam tubuh bioplasmik / tubuh energi yaitu :

- Cakra Dasar/Root
- Cakra Sex /Sacral
- Cakra Solar plexus
- Cakra Jantung /hearth
- Cakra Tenggorokan/Throat
- Cakra Ajna
- Cakra Mahkota/crown
1. Cakra Dasar/Root

Cakra ini terletak pada dasar tulang punggung, berwarna merah
Cakra ini mengontrol dan memberi energi pada sistem otot;yang berpengaruh pada jantung.Orang berpenyakit jantung memiliki cakra dasar yang tidak berfungsi/bukaannya kecil. Cakra dasar merupakan pusat ketahanan diri dan pemiliharaan diri.Orang dengan cakra dasar yang kuat dan aktif cenderung untuk lebih dinamis.Tetapi jika cakra dasar terlalu aktif secara berlebihan,maka keadaan ini dapat menjadikan orang hiperaktif,mudah gelisah dan insomania. Orang tertentu yang cakra dasar kurang aktif/kotor cenderung menjadi lamban,tidak bersemangat dan tidak realistis.Orang yang memiliki kecenderungan bunuh diri memiliki cakra dasar yang lemah dan tidak aktif.

Cakra dasar mengontrol dan memberikan energi kepada :
- Sistem otot dan kerangka
- Tulang Punggung
- Produksi dan kualitas darah yang dihasilkan
- Kelenjar adrenal
- Jaringan tubuh dan organ bagian dalam
- Laju pertumbuhan sel-sel
- Vitalitas umum
- Panas tubuh
- Jantung dan alat kelamin

Gangguan fungsi cakra ini adalah :
- Radang sendi dan reumatik
- Gangguan Tulang punggung
- Penyakit darah dan alergi
- Lambatnya penyembuhan luka dan patah tulang
- Gangguan pertumbuhan
- Kanker dan Leukemia
- Vitalitas rendah
- Penyakit Jantung
- Penyakit Otak
- Penyakit kelamin


2. Cakra Seks/Sacral

Cakra ini terletak pada daerah kemaluan, berwarna orange
cakra ini merupakan pusat kreatif fisik bawah.Cakra tenggorok adalah padanan yang lebih tinggi dari cakra seks.Cakra Ajna,cakra tenggorok dan cakra dasar mempunyai pengaruh yang kuat pada cakra seks.Gangguan fungsi salah satu cakra ini dapat berpengaruh terhadap cakra seks.
Cakra seks mengontrol dan memberi energi pada :
- Organ seks
- Kandung kencing dan uretra
- Tenggorok dan daerah kepala.

Gangguan fungsi pada cakra seks dapat bermanifestasi sebagai :
- Gangguan buang air kecil
- Impotensi
- Kemandualn
- Pembesaran kelenjar prostat
- Penyakit seksual lainnya.

3. Cakra Pusar dan Solar Plexus

Cakra pusar terletak di pusar. Berwarna Kuning Cakra pusar mengontrol dan memberi energi untuk :
- Usus kecil, usus besar dan usus buntu.
- Mempengaruhi kecepatan wanita melahirkan
- Mempengaruhi vitalitas umum

Gangguan fungsi cakra pusar dapat berupa :
- Sembelit
- Diare
- Tidak mampu mengasimilasi zat-zat gizi dalam makanan
- Radang usus buntu
- Penyakit usus
- Kesulitan dalam melahirkan
- Vitalitas rendah
Cakra solar plexus depan terletak di daerah cekung antara iga-iga bawah kiri dan kanan,cakra solar plexus belakang terletak dibelakang daerah solar plexus.Cakra solar plexus mempunyai sepuluh kelopak daun bunga.

Cakra solar plexus adalah pusat emosi-emosi positif dan negatif yang lebih rendah seperti ambisi, keberanian, kegigihan, agresivitas, kemarahan, kebencian, kecemburuan, keserakahan, perusakan, kekerasan, kekejaman, dll.Orang yang sedang marah hebat, cakra solar plexusnya berdenyut-denyut tidak teratur,menyebabkan diafragma bergerak tidak teratur, berakibat pernapasan dangkal yang tidak teratur.

Cakra solar plexus mengaontrol dan memberi energi pada :
- Diafragma
- Hati
- Pankreas
- Lambung
- Sampai batas tertentu,usus besar dan usus kecil
- Kelenjar adrenal, jantung, paru-paru .

Kualitas darah juga dipengaruhi oleh cakra solar plexus, karena mengontrol dan memberi energi pada Hati yang menghilangkan racun dari darah. Orang yang kehabisan tenaga dapat dipulihkan vitalitasnya dengan cepat dengan memberi energi pada ckara solar plexus.Cakra solar plexus sangat mudah diganggu atau dibuat menjadi tidak seimbang oleh emosi-emosi negatif.

Gangguan fungsi cakra solar plexus yaitu :
- Sulit bernapas akibat gangguan fungsi diafragma
- Diabetes
- Penyakit pankreas
- Penyakit pencernaan
- Hepatitis penyakit kandung empedu
- Tingkat kolestrol tinggi
- Pnyakit jantung
- Darah kotor atau penyakit darah lainnya.

4. Cakra Jantung
Cakra jantung berwarna hijau ini juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.Dari sudut medis, kelenjar thmus merupakan factor penting dalam system pertahanan tubuh. Pemberian energi pada cakra jantung dilakukan melalui cakra jantung belakang yang memungkinkan energi untuk mengalir dengan mudah ke jantung, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya tanpa menyebabkan gangguan pada jantung fisik.
Cakra jantung merupakan pusat emosi-emosi yang lebih tinggi atau halus.Cakra ini berhubungan erat dengan cakra solar plexus karena keduanya merupakan pusat emosi.Gangguan pada cakra solar plexus juga menggangu cakra jantung, sehingga emosi-emosi negatif dapat mempunyai efek merugikan pada jantung fisik berupa penyakit jantung.

5. Cakra Tenggorok/Throat
Cakta tenggorok terletak di bagian tengah tenggorok.berwarna biru .Cakra ini merupakan pusat pikiran yang lebih rendah atau kongkret atau daya mental lebih rendah dan juga pusdat kreativitas yang lebih tinggi.

Cakra Tenggorok mengontrol dan memberi energi pada :
- Tenggorok
- Kotak suara atau larynx
- Trakea atau batang tenggorok
- Kelenjar gondok
- Kelenjar parathyroid
- Sistem linfa
- Juga mempengaruhi cakra seks.
Gangguan fungasi cakra ini dapat bermanifestasi sebagai kemandulan dan berpenyakit yang berkaitan dengan tenggorok seperti gondong, radang tenggorok, kehilangan suara dan asma.
6. Cakra Ajna (mata ketiga)
Cakra ajna terletak diantara kedua alis. Berwarna Nila . Cakra ajna mempunyai sembilan puluh enema kelopak daun bunga dan diabgi dalam dua bagian.Setiap bagian mempunyai empat puluh delapan daun kelopak bunga.
Cakra ajna merupakan pusat pikiran yang lebih tinggi atau abstark dan juga pusat kehendak atau fungsi pengarah.
Cakra ini mengaontrol dan memberi energi kelenjar hipofisis dan juga seluruh tubuh.Cakra ajna disebut sebagai cakra utama karena mengaontrol semua cakra mayor dan system endoktrin, dan mempengaruhi organ vital.

7. Cakra Mahkota /Crown
Cakra mahkota terletak di atas kepala . berwarna Violet , Cakra mahkota merupakan titik masuk energy ilahi.
Cakra mahkota mengontrol dan memberi energi pada otak dan kelenjar pineal.Gangguan fungsi cakra ini dapat bermanifestasi sebagai penyakit kelenjar pineal dan penyakit otak,yang dpat berwujud panyakit fisik dan psikologis.

0 komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Blogroll